IKUTI WORKSHOP BRANDING BERSAMA PAK BI : UMKM MITRA PLUT SURAKARTA SIAP MENDUNIA
IKUTI WORKSHOP BRANDING BERSAMA PAK BI : UMKM MITRA PLUT SURAKARTA SIAP MENDUNIA
Banyak contoh produk-produk UMKM yang berhasil mendunia karena didukung strategi branding yang kuat, sehingga tidak dipungkiri Branding merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi UMKM agar produknya bisa mendunia. Namun di sisi lain banyak para pelaku bisnis khususnya UMKM masih berfokus pada trading dan melupakan sisi branding. Hal ini dapat disebabkan pelaku UMKM yang kurang memahami secara komprehensif tentang branding. Secara singkat pengertian branding telah berkembang, dari sekadar merek atau nama dagang dari suatu produk, jasa atau perusahaan, yang berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dari merek; seperti nama dagang, logo atau ciri visual lainnya; kini juga berarti citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi dan anggapan di benak konsumen. Menurut Pak Bi Brand adalah adalah ikatan emosi antara produk anda dengan konsumen, dimana titik kritisnya terletak seberapa anda bisa menciptakan NILAI yang relevan.
Sementara itu berdasarkan hasil kajian dan pendampingan yang sudah dilakukan Konsultan PLUT Surakarta dalam program UMKM Solo Naik Kelas. Banyak pelaku UMKM belum memiliki brand identity seperti kartu nama, brosur/ katalog, dan desain produk dan packaging yang eye appeal (menarik dilihat) dan tagline sebagai salah satu sarana memperkuat pemasaran, sebagian UMKM justru mempertanyakan manfaat branding jika dengan kondisi sekarang saja usaha mereka mereka sudah untung.
Mengacu pada kondisi tersebut maka PLUT Surakarta bekerjasama dengan Telkomsel mengadakan worksop strategi branding bagi UMKM dengan narasumber Bapak Subiakto Priosoedarsono yang akrab dipanggil Pak Bi. Kegiatan workshop tersebut diikuti kurang lebih 125 UMKM, diadakan di Gedung PLUT Surakarta. Kegiatan tersebut merupakan penutup dari rangkaian kegiatan sinergitas dengan telkomsel yang telah dilakukan selama dua bulan.
Menurut Pak Bi dalam Branding Canvas, ada 15 tahap dalam strategi branding, yaitu :
- Product
- Market Category
- Competitor
- Segmenting
- Targeting
- DNA
- Added Value
- New Category
- Barrier to Entry
- Brand Positioning
- Brand Personality
- Name
- Logo
- Slogan
- Experience
"Kelima belas tahap branding tersebut merupakan aspek yang membentuk satu kesatuan, sehingga aspek-aspek tersebut perlu dikolaborasikan dan diharmonisasikan agar para Pelaku UMKM yang membangun Branding tidak sampai "kesasar" jalannya". Begitu point garis besar yang disampaikan oleh Pak Bi.
Meskipun berlangsung singkat, namun dengan adanya kegiatan Workshop Branding tersebut, diharapkan UMKM akan lebih memahami tentang manfaat branding bagi pengembangan usaha, dan mampu membranding produk dengan baik, sehingga produknya akan semakin mendunia.